Sabtu, 06 Juli 2013

Enid Blyton

Halo kawan.. Lama ya kami enggak nge post ke blog ini, hee :D soalnya sibuk sih..
oya aku suka banget snih sama pengarang yang satu ini ->>

Enid Mary Blyton

Nama pena : Mary Pollock
Pekerjaan : Novelis, Penulis puisi, guru
Lahir : Dulwich, London, 11 Agustus 1897-28 November 1968
Umur : 71 tahun
Periode menulis : 1922-1968
Ahli sastra : petualangan, misteri, fiksi
Karya terkenal : The Famous Five, Secret Seven, Noddy
Pasangan : Hugh Alexander Pollock (1924-1942), Kenneth Fraser Darrell Waters (1943-1967)
Anak : Gillian Baverstock, Imogen Mary Smallwood
Kerabat : Carey Blyton





Enid Mary Blyton adalah penulis anak terkenal pada abad 20 sampai saat ini. Wanita berkebangsaan Inggris ini lahir pada tanggal 11 Agustus 1897 dan meninggal pada tanggal 28 November 1968 saat beliau berumur  71 tahun. Sejak kecil beliau memang sudah pandai mengarang. Beliau dijuluki Ratu Tukang Cerita. Buku-bukunya sudah diterbitkan dalam 3400 bahasa, termasuk bahasa Indonesia, yang diterjemahkan antara lain oleh Djokolelono dan Agus Setiadi, dan diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama.

Enid Blyton termasuk dalam Enam Penulis Terkenal di Dunia, karena walaupun bukunya sudah tua, namun bahasa dan ceritanya masih memikat anak-anak bahkan remaja dan dewasa sekalipun. Ia telah menulis berbagai cerita anak dari bermacam macam karakter yang diambil dari berbagai macam umur. Hasil karyanya sukses di manapun juga dan sudah terjual lebih dari 400 juta eksemplar dan terdaftar dalam data terjemahan milik UNESCO.

Salah satu erita yang terkenal adalah Noddy. Ditujukan pada pembaca tahap awal atau anak-anak usia 4-7 tahun. Buku yang pertama diterbitkannya berjudul Child Whispers yang diterbitkan pada tahun 1922. Buku berseri yang paling populer antara lain adalah Lima Sekawan yang terdiri dari 21 buku, diciptakan tahun 1942-1963, cerita tentang empat orang anak dan seekor anjing dalam setiap liburan mengalami petualangan. Pasukan Mau Tahu yang terdiri dari 15 buku diciptakan tahun 1943-1961, yang bercerita tentang petualangan lima anak yang selalu bermasalah dengan polisi lokal. Sapta Siaga yang terdiri dari 15 buku, bercerita tentang 7 orang anak yang selalu lebih dulu menangkap pelaku daripada polisi.

Novel yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia adalah:
  • Pasukan Mau Tahu 
 
    • Sapta Siaga

    • Lima Sekawan

    • Serial Petualangan
     
    • St.Clare
     
    • Mallory Towers
     
    • Empat Serangkai
     



    • Si Badung
     
    • Lima Serangkai
    Meskipun Enid Blyton sudah tiada namun karya-karyanya masih tetap dikenang dan dikagumi oleh segenap anak-anak, kaum remaja, dan bahkan dewasa sekalipun.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar